Mengapa Perlu Belajar JavaScript?

Sudah ratusan jumlah dari bahasa pemrograman yang ada di dunia ini. Dari ratusan bahasa tersebut ada beberapa bahasa yang tidak cukup populer dikalangan programmer, sebut saja Java, C/C++, C#, Python, PHP, Ruby dan JavaScript. Setiap programmer atau calon programmer memiliki jawaban yang berbeda saat ditanya bahasa manakah yang harus dipelajari.

Dan pada akhirnya akan kita hanya bisa memilih dulu salah satu dari ribuan bahasa tersebut. Lalu mengapa kita perlu membahas alasan-alasan yang membuat kita perlu bahkan harus belajar JavaScript sekarang.

Mudah Untuk Memulai Belajar

Untuk menjadi expert di dalam bahasa pemrograman JavaScript itu memang tak mudah sama seperti bahasa pemrograman lainnya. Akan tetapi, untuk memulai belajar, JavaScript-lah bahasa yang paling mudah. Kalian tidak perlu repot memasang sebuah compiler, IDE, ataupun tools apapun. Semua yang kita butuhkan  sudah tersedia tanpa disadari melalui sebuah browser kalian.

Hanya dengan sebuah browser, kita sudah dapat memulai belajar JavaScript.

Sumber-sumber referensi belajar JavaScript juga sudah telah tersedia banyak dan lengkap. Jika kalian mengunjungi toko buku, tak akan sulit juga untuk menemukan buku-buku panduan JavaScript, baik itu panduan JavaScript murni atau library-nya (AJAX, JQuery, dll.).

Salah Satu dari Bahasa yang Populer

JavaScript selalu menjadi bahasa pemrograman paling populer di StackOverflow melalui StackOverflow Developer Survey sejak tahun 2012 lalu.

Karena kepopulerannya tersebut, JavaScript memiliki komunitas yang sangat besar. Dan mereka rajin menyelenggarakan meetup, dengan lebih dari 3600 grup. Jumlah anggotanya pun lebih dari 1.48 juta orang. Programmer JavaScript juga sangat aktif berkontribusi di dunia open source, juga dengan lebih dari 3100 project JavaScript sehingga membuatnya menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak di tag di situs Github.

Dipakai Dimana-mana

Bermula dari web dan dari sana-lah JavaScript menunjukkan kehebatannya. Namun, jangan salah mengira JavaScript hanya bisa dipakai untuk membuat aplikasi web saja, karena saat ini JavaScript sudah bisa dipakai untuk membuat aplikasi mobile, microcontroller, smart TV, bahkan membuat robot. Dengan menguasai JavaScript, kita bisa membuat produk-produk untuk berbagai macam teknologi saat ini.

Back-End & Front-End

Khusus pada pembuatan aplikasi web, kalian dapat menggunakan JavaScript untuk membuat aplikasi web utuh dari bagian front-end hingga back-end. Hal ini dapat terjadi berkat bantuan Node.js.

Sebelum ada Node.js, para web developer harus menggunakan minimal dua bahasa di bagian back-end dan front-endnya. Misal untuk front-end menggunakan JavaScript, sedangkan untuk back-end menggunakan PHP, Ruby, Python, ataupun Java. Dan sejak kemunculan Node.js pada tahun 2009, memudahkan developer frontend yang sebelumnya hanya bisa membuat bagian tampilan web kini bisa membuat sendiri bagian back-end.

Membuat Game

Dengan stabilnya teknologi HTML5, JavaScript menjadi semakin populer untuk membuat sebuah game terutama game berbasis 2D. Dan sudah cukup banyak game engine yang memungkinkan kita untuk membuat game dengan bantuan JavaScript.

Membuat Aplikasi Mobile

Karena JavaScript semakin populer dan dikenal dapat membuat aplikasi mobile yang cross-platform, atau bisa disebut dapat berjalan diberbagai sistem sekaligus. Seperti pada Framework React Native, Ionic, Tizen, ataupun Cordova semakin mempermudah para developer yang ingin membuat aplikasi mobile tanpa perlu belajar bahasa pemrograman atau teknologi baru.

Lapangan Kerja yang Luas

Lapangan pekerjaan untuk programmer JavaScript juga amatlah luas, tidak hanya terbatas untuk posisi web developer. Menurut Paysa, 7 dari 10 perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka dunia, menetapkan JavaScript sebagai top skill untuk para pegawainya.

One Reply to “Mengapa Perlu Belajar JavaScript?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *